Kegiatan Praktek Kerja Lapangan dari tanggal 16 januari - 20 januari


Kegiatan Praktek Kerja Lapangan dari tanggal 16 januari - 20 januari


Assalamualikum ? Selamat datang di - yulda ilmu saya akan bercerita mengenai kegiatan pekerjaan ketika Praktek Kerja Lapangan.


Berikut Penjelasan dan ceritanya ; 



  • Hari Senin 16 Januari

A . Jenis Kegiatan : "Mengoperasikan Office Excel"


B. Pekerjaan : "Menginput no permintaan PSB & Gangguan Jaringan"


1. Pertama adalah membuka Apikasi Microsoft Excel

2. Kedua adalah membuka File yang berisi SN hasil pengambilan material installasi
3. Ketiga adalah membuka aplikasi Telegram Dekstop 
4. Keempat adalah mencari no sn di pencarian telegram
5. Ketika sudah cocok lalu menginputnya ke Ofiice excel
6. Lalu memberikan keterangan pada tiap hasil pencarian PSB dan Ganguana


  • Hari Selasa 17 Januari 

A. Jenis Kegiatan : " Installasi Jaringan Optik "


B. Pekerjaan : " Migrasi installasi jaringan dari Tembaga Ke jaringan Optik"


1. Pertama adalah menentukan ODP yang kosong dan dekat dengan client yang akan dipasang jaringan Indihome

2. Ke dua adalah Memulai Penarikan, menggelar dari penghubungan kabel FO Drop Core Preconnector ke ODP dan kerumah client
3. Ke tiga adalah Mengecek Redaman dan uji kelurusan cahaya dengan beberapa alat diantaranya : OPM " Optical Power Meter ", Senter 
4. Ke empat adalah Pemasangan ONT / Modem dan setting nama Signal Wifi + Password yang akan Digunakan 
5. Ke lima adalah pemasangan STB Decorder untuk ke TV lalu setting user dan passwordnya sesuai wo yang diberikan 
6. Ke enam adalah pembuatan BA installasi jaringan 
7. Ke tujuh Laporan ke kantor bahwa Installasi jaringan sudah selesai dan meminta ke pihak kantor untuk menkonfigurasi nya supaya koneksi internet dapat berjalan
8. Menunggu Koneksi internet dan konfigurasi dari kantor sudah selesai.


  • Hari Rabu 18 januari

A. Jenis Kegiatan : " Campaser/Marketing"


B. Pekerjaan : " Sosialisasi Ke rumah-rumah & menawarkan pemasangan Indhome "


1. Pertama adalah menentukan rute perjalanan yang akan ditempuh dan lokasi yang akan dituju sesuai Jadwal

2. Kedua adalah melihat situasi kondisi rumah atau tempat yang akan kita sosialisaikan ke masyarakat setempat.
3. Membagikan brosur pemasangan indihome dan menjelaskan secar detail agar client percaya 
4. Mencatat / mendata nama,no Hp, alamat rumah sesuai dengan masyarkat yang meminta untuk pemasangan indihome sesuai paket.
5. kembali ke kantor untuk menginput semua hasil data dari marketing
  
C. Permasalahan dan Konsulatasi :

Apa itu campaser ? 


Saran:

- campaser adalah mitra dari Telkom akses yang  pekerjaanya mensosialisan ke masyarakat mengenai Pemasangan Indihome

Apa campser harus absen setiap kali masuk ?


Saran:

- Iya itu pasti wajib karena campaser adalah bagian dari Telkom Akses itu sendiri yang menangani Sosialiasi adanya Indihome


  • Hari Kamis 19 januari 

A. Jenis Kegiatan : " Mengoperasikan Aplikasi Telkom "


B. Pekerjaan : " Update Installasi Indisplioner So ke Teknisi "


1. Pertama adalah Membuka file Semua rekaf NTE dari gudang yang sudah diambil oleh teknisi untuk pemasangan

2. Kedua adalah mencari No SC,IN  atau sering disebut no permintaan pemasangan baru atau pemintaan perbaikan ganguan
3. Ketiga adalah Membuka aplikasi Telkom dan langsung mengerjakanya 
4. Privacy
5. Selesai

C. Permasalahan dan Konsulatasi :


Apa itu yang disebut dengan Update Installasi So Ke Teknisi?


Saran:

Update Installasi So Ke Teknisi adalah mengupdate SN barang/Material  sesuai dengan pemasangan yang dilakukan oleh masing masing teknisi


  • Hari Jum'at 20 januari

A. Jenis Kegiatan : " Installasi Jaringan Optik "


B. Pekerjaan : " Mengatasi Ganguan Indihome  "


1. Pertama adalah mendatangi ke rumah client yang  sedang dalam ganguan jaringan indihome 

2. Kedua adalah  menanyakan apa keluhan ganguan nya 
3. Ketiga adalah mengecek ONT/Modem Loss atau tidak
4. Keempat adalah mengecek kabel dan redaman Optik 
5. Kelima adalah melaporakan ke kantor untuk diconfigurasi ulang
6. Keenam adalah menunggu Blinking nya normal kembali
7. Selesai

C. Permasalahan dan Konsulatasi :


Apa itu yang disebut dengan Blinking 



Saran:
- Blinking adalah suatu proses dimana modem yang sudah di configurasi tidak normal atau meminta untuk dikonfigurasi ulang agar dapat terkoneksi kembali ke jalu yang benar.

Mungkin hanya itu saja yang saya dapat sampaikan dengan hasil kegiatan PKL  pada tanggal 16 januari - 20 januari 2017.

Mudah-mudahan dengan Sedikit Artikel ini ,dapat bermanfaat. "Salam Sukses"

Wassalamualikum . Wr, Wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »