Installasi Migrasi Jaringan dari Tembaga ke Optik (Indi Home)


Assalamualikum Wr. Wb ?? Selamat Malam dan Welcome Back semuanya, di malam yang dingin dan sunyi ini saya mau sedikit berbagi cerita kembali yang berbaur dengan pengalaman PKL saya kelapangan mari simak ceritanya berikut ini.

Di pertemuan ini saya akan berbicara mengenai Installasi jaringan Migarsi dari Tembaga Ke Optik atau FO - Yulda Ilmu 😀. 
Berbicara mengenai installasi jaringan, saya yakin kalian semuanya juga sudah tahu, Installasi jaringan kali ini sedikit berbeda karena media yang dipakai bukanlah menggunakan media kabel Tembaga lagi melainkan dengan kabel Optik atau Fiber Optik. Sesuai dengan judul di atas kabel Optik atau FO adalah media terbaru dalam installasi jaringan Indi Home.
Sebelum saya melakukan installasi jaringan Optik, ada beberapa yang saya diperhatikan dalam setiap tahap-tahapnya dan juga ada SOP nya.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah melihat Trafik jalan Drop Core yang ditempuh sebelum dari ODP menuju ke rumah yang akan di Migrasi jaringan nya.



Installasi Jaringan Optik atau FO Migrasi (Indi Home) - Yulda Ilmu
Kotak ODP
Yang kedua adalah membuka kabel dan mengulurnya,  dengan SOP mengulur kabel Optik itu sendiri.

Installasi Jaringan Optik atau FO Migrasi (Indi Home) - Yulda Ilmu
Mengulur Kabel


Ketiga adalah memasangkan Konektor kabel Optik atau fiber optik ke ODP.


Pemsangan Konektor Optik ke ODP
Setelahnya Kabel terpasang di ODP saya turun dan mengecek berapa redaman kabel Optik yang sudah tadi terpasang ke ODP



Alat yang biasa digunakan untuk  mengecek redaman kabel optik namanya adalah OPM optical Power Meter

Artikel Terkait .

Cara Mengulur dan Membentangkan Kabel Optik - Yulda Ilmu 

Cara mengukur Redaman kabel Optik atau Fiber Optik

Fungsi OPM ( Optical Power Meter )

Jika Redaman Kabel Optik sudah Sesuai dangan standart, saya tarik kabel ke rumah client yang di migarasi jaringan nya, Sesampainya dirumah kita cari posisi sesuai dengan client Modem indi Home nya mua disimpan dimana dan tak lupa Kita tanyakan signal Wifi nya mau dinmain apa dan Password nya  apa.
Disitu langsung saja saya Memulai setting modemnya  sesuai dengan Perintah Pembimbing teknisi di lapangan.

Installasi Jaringan Optik atau FO Migrasi (Indi Home) - Yulda Ilmu
Masuk Ke Modem
Installasi Jaringan Optik atau FO Migrasi (Indi Home) - Yulda Ilmu
Sekilas Penyetingan Modem

Setelah di setting nama Signal Wifinya kita konfirmasi ke pusat untuk di setting disana lebih lanjut, agar si modem Terkoneksi ke internet. Selesai deh jadi itu yah sekilas installasi migarisi jaringan dari tembaga ke optik. kalo untuk lebih jelasnya lagi di Artikel berikutnya entar saya jelasin dari awal sampe akhir.

Saya rasa cukuf sekian di pertemuan malam ini dan saya ucapkan banyak terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca Artikel pembahasan saya mengenai Installasi Jaringan Optik atau FO Migrasi (Indi Home) Pada Saat Kerja lapangan di - Yulda Ilmu. Semoga Artikel ini akan dapat membantu kalian sebagai pembca yang dalam proses Praktek  Kerja Lapangan maupun yang sedang persiapan PKL yaitu dalam menambah ilmu Pengetahuan, wawasan juga sarana Prasrana ketika menghadapi Dunia Luar entah itu dalam dunia usaha atau Dunia Industri si waktunya nanti. Salam-Sukses 😀

Wassalmuaikum Wr. Wb

Semoga Dapat Bermanfaat...

Artikel Terpopuler

Baca juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »