Membentangkan dan Mengulur Kabel Optik



Assalamuaikum Wr. Wb ?? Selamat Malam dan Welcome Back semuanya, di malam yang dingin dan sunyi ini saya mau sedikit berbagi cerita kembali yang berbaur dengan pengalaman PKL ikut kelapangan, mari simak ceritanya Berikut ini.

Di Pertemuan ini saya akan berbicara mengenai Mengulur dan Membentangkan Kabel Optik - Yulda Ilmu 😇. Kalo berbicara tentang kabel optik mungkin udah tidak asing lagi yah bagi anak jaringan ( IT ), tapi setidaknya saya kasih sedikit keterangan mengenai kabel atau serat FO ( Fiber Optik ). Serat Optik adalah Jalur atau saluran sejenis kabel yang terbuat dari kaca yang sangat halus, dan kalo di bandingkan dengan sehelai rambut, serat nya itu lebih kecil sekali dari pada sehelai rambut bayi pun. FO dapat digunakan sebagai media untuk mengirimkan atau mentrasmisikan sinyal cahaya dari Sebuah tempat ke temapt yang lain, dan menurut yang saya baca sumber cahaya yang biasa dugunakan yaitu Laser dan LED.

Kabel FO ini sudah pernah diteliti bahwa ukurannya itu kurang dari 120 mikrometer jadi tidak terbayang bukan seberapa ukurannya yang kecil itu,, jika dilihat pun pasti kasat mata.
Coba lihat ke bawah ini sekilas gambar Ilusi Kabel Optik


Mengulur dan Membentangkan Kabel Optik - Yulda Ilmu
Serat dalam kabel Optik


Nah diatas itu sedikit Pengenalan tentang FO di Yulda Ilmu, langsung saja tak perlu lagi berbas-basi mari ke pembahasan utama .
Kalau sedikit berbicara tetang mengulur kabel, kalian juga sudah pasti bisa jika itu kabel tembaga, beda hal nya dengan Kabel Optik. mengulur kabel oftik itu ada caranya tesendiri supaya kabel bagian dalam oftik nya itu tidak pecah atau patah, Oftik terbuat dari pecahan bahkan menurut saya itu adalah serat yang paling halus dalam jenis pengkabelan. mari sama-samakita Simak berikut ini caranya .!! 


Mengulur dan Membentangkan Kabel Optik - Yulda Ilmu
kabel Fo yang baru dibuka bungkusnya


Mengulur dan Membentangkan Kabel Optik - Yulda Ilmu
Saat Mengulur Kabel Fo

Hal yang harus dilakukan dan di perhatikan yaitu:
  1.  Mengecek Kondisi keadaan Kabel, ditakutkan kabelnya ada yang sobek
  2.  Membuka Bungkus Plastik luar yang menutup semua kabel
  3.  Membuka Lem atau Solatif yang mengikat kabel
  4.  Memilih ujung kabel yang nantinya bisa di ulur lebih panjang dan tidak Acak-acakan.
  5.  Kemudian ulur lah kabel sesuai dengan kebutuhan, yang dipakai
Cara mengulurnya yaitu  :
  • Ambil ujung yang dapat di ulur supaya tidak acak acakan
  • Buka uluran kabel nya dengan di putar ke kanan 2 kali ke kiri 2 kali ataupun sebaliknya ,, terus begitu.
keterangan :
kenapa saat mengulur kabel di putar ke kanan 2 kali, ke kiri 2 kali, dikarenakan supaya kabel tidak terbelit belit dan hasilnya Rapih.   

Kalau mau lebih Jelasnya lagi atau mau melihat foto sama video nya saat pengerjaan, silahkan di coment aja.

Saya rasa cukuf sekian, dan saya ucapkan banyak terima kasih sudah menyempatan waktunya
untuk membaca Artikel pembahasan saya mengenai Mengulur dan Membentangkan Kabel Optik  di Yulda Ilmu pada saat belajar di lapangan. Semoga sedikit Artikel ini akan dapat membantu kalian sebagai pembaca yang dalam proses Kerja Lapangan maupun sedang persiapan PKL yaitu dalam menambah ilmu Pengetahuan, Wawasan juga sarana prasarana ketika menghadapi Dunia Luar entah itu dalam dunia usaha atau Dunia Industri di Waktunya nanti. Salam-Sukses 😃

Wassalamuaikum Wr . Wb

Semoga Dapat Bermanfaat...

Artikel Terpopuler.

Baca juga :


  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »