Mengukur Redaman Pada Kabel Fiber Optik - Yulda Ilmu


Cara Mengukur Redaman Kabel Optik atau FO Setelah dipasang ke ODP

Mengukur Redaman Kabel Optik atau Fiber Optik

Assalamualikum.. ??? Selamat Sore  dan Welcome Back Semuanya Disore kali ini saya akan berbagi Cerita kembali dengan pengalaman saat ikut kelapangan, mari simak ceritanya berikut ini.


Berbicara mengenai mengukur redaman kabel Optik atau Fiber Optik saya yakin bagi kalian yang belum tahu sama sekali pasti penasaran bagaimana sih cara mengukur nya tersebut??
Disaat Kita ingin mengukur atau ingin mencari tahu berapa redaman kabel Optik yang sudah terpasang ke ODP, Pasti yang belum tahu sama sekali bingung.Gimana sih dan alat apa sih yang sering digunakan untuk mengkur redaman tersebut. Jujur saja awalnya juga saya bingung tapi karena saya bertanya tanya bagaimana dan apa yang harus dilakukan pada saat kita mengukur suatu redaman optik yang sudah terpasang Ke ODP.

Alat yang digunakan untuk mengukur redaman atau db itu namanya adalah OPM (Optical Power Meter) .Jadi bagaimanakah cara mengukur redaman tersebut dengan alat yang namanya OPM pasti kita harus tahu juga berapa patokan atau nilai yang sudah ditentukan benar atau redaman nya sudah sesuai standart.

Ini adalah beberapa nilai yang sesuai dengan SOP.

1. -18. sekian sampai 28. sekian ( Benar / Redaman Normal)
2. -30. sekian sampai Keatas ( Signalnya Loss atau redaman nya salah 

Berikut adalah sedikit demo gambar saat mengukur redaman Optik.



Kedua melihat dan menunggu hitungan


Pengecekan redaman Tetap Normal/tidak


Saya rasa cukuf sekian di pertemuan sore ini dan saya ucapakan banyak Terima Kasih sudah menyempatkan Waktunya untuk membaca sedikit Artikel pembahasn saya mengenai Mengukur Redaman Pada Kabel Fiber Optik di - Yulda Ilmu.

Semoga Artikel ini dapat membatnu kalian sebagai pembaca yang dalam proses Praktek Kerja Lapangan maupun yang sedang persiapan untuk PKL di Perusahaan yang berbaur dengan dunia jaringan yaitu dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan juga sebagai sarana prasarana ketika kalian semua menghadapi Dunia Luar Dunia Industri di waktunya nanti . Salam - Sukses 😀.

Wassalamualaikum . Wr. Wb


Semoga Dapat Bermanfaat..


Artikel Terpopuler.


Baca Juga: 

PKL Hari Pertama di PT. Telkom Pusat Jakarta Timur - Yulda Ilmu 

K3 DAN SMK3

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »